Membuat Konten Di sukai Google
Mungkin sebagian dari kita yang sudah sedikit mengenal tentang blog dan website penasaran dan ingin mengetahui tentang “konten yang seperti apa sih yang bisa masuk halaman 1 google” lalu “’bagaimana cara menulis artikel yang bisa masuk halaman 1 google” jika kalian punya pertanyaan-pertanyaan seperti itu, kalian sangat beruntung kami Solusi Website Bandung akan share sedikit informasi rahasia dari team SEO kami, rahasia cara menulis artikel yang bisa masuk halaman 1 google. Yuk langsung saja disimak informasinya.
Artikel yang Selalu Fresh dan Mengikuti Tren
Cara menulis artikel blog ataupun website yang baik adalah dengan selalu mengikuti trend yang ada, mungkin akan muncul pertanyaan setelah membaca pernyataan diatas “bagaimana cara mengetahui trend yang sedang ramai dibicarakan?” jawabannya adalah dengan menggunakan berita google, atau google trend, bagaimana cara menggunakannya?
Berita Google
Kunjungi https://news.google.co.id/ lalu kalian bisa melihat list dari berita terhangat, coba pilih dari list berita tersebut, setelah itu buatlah artikel berdasarkan topik yang sedang trend di berita google, tapi dengan pembahasan dari sudut pandang lain. Sebagai contoh artikel berita google membahas tentang bom “Pelaku Bom Kampung Melayu” kalian bisa mengambil sudut pandang lain seperti “Dampak yang timbul akibat bom Kampung Melayu” dan masih banyak lagi sudut pandang lain yang bisa kalian ambil.Google Trend
Kunjungi https://trends.google.co.id/trends/ lalu cari trend yang menarik minat Anda sebagai contoh “Membuat Kontet yang di sukai Goole”
Artikel yang Selalu di Update
Cara menulis artikel blog ataupun website yang baik berikutnya adalah artikel harus sering-sering di update, maksudnya apa? Maksudnya adalah artikel yang kita punya saat ini jangan ditinggalkan begitu saja coba kalian terus update kontennya dengan informasi baru yang belum pernah ada sebelumnya.
Sebagai contoh pada tahun 2017 Anda menulis artikel dengan topik “rahasia kuat puasa di bulan ramadhan” dan di tahun 2018 Anda punya info baru tentang “rahasia kuat puasa di bulan Ramadhan” pasti Anda akan bingung lebih baik menulis di halaman baru atau di halaman yang sudah ada? Jawabannya adalah lebih baik menulis di halaman yang sudah ada, agar konten yang sudah Anda miliki selalu update, kenapa update penting? Karena google sangat menyukai informasi yang selalu update.
Artikel yang Unik
Membuat artikel dengan sudut pandang yang unik memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, karena point ini sangat membutuhkan daya kreatifitas kita, sebagai contoh coba lihat potongan gambar berikut ini.
Yang muncul di peringkat 1 google dengan keyword “bom Kampung Melayu” adalah pembahasan tentang seseorang yang mengatakan bom kampung melayu adalah rekayasa, padahal artikel lain kebanyakan membahas tentang pelaku, kronologi, motif pelaku, dan korban. Itu itulah yang dianamakan artikel yang unik, memilih topik berdasarkan sudut pandang yang berbeda dari yang lain.
Yang muncul di peringkat 1 google dengan keyword “bom Kampung Melayu” adalah pembahasan tentang seseorang yang mengatakan bom kampung melayu adalah rekayasa, padahal artikel lain kebanyakan membahas tentang pelaku, kronologi, motif pelaku, dan korban. Itu itulah yang dianamakan artikel yang unik, memilih topik berdasarkan sudut pandang yang berbeda dari yang lain.
Untuk membuat artikel seperti itu kita harus selalu aktif di social media dan selalu memantau perkembangan topic artikel yang kita pilih, cari informasi unik yang di share di social media dan coba jadikan itu sebagai bahan tulisan Anda.
Artikel yang Ditulis Berdasarkan Sumber Terpercaya
Google memberi nilai lebih untuk artikel yang ditulis berdasarkan sumber terpercaya, bagaimana cara memberi signal ke google bahwa artikel kita ditulis berdasarkan pada sumber terpercaya? Caranya mudah cukup tambahkan link ke halaman terpercaya seperti Wikipedia, portal news, halaman pemerintahan, dan halaman-halaman lain yang sudah memiliki banyak pengunjung.
Kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa google sangat menyukai artikel yang memuat informasi yang unik, dan selalu update. Tapi selain itu google juga ingin menampilkan informasi yang credible jadi memberikan link ke sumber yang terpercaya menjadi salah satu hal yang penting ketika kita menulis artikel.
Artikel yang Engaging
Apa sih yang dimaksud artikel yang engaging? Artikel yang engaging merupakan artikel yang membuat orang ingin melakukan re-share di halaman social media pribadi mereka, ataupun dihalaman website mereka. Untuk membuat konten yang seperti ini kita harus menulis informasi yang sangat berguna, dan juga sangat menarik. Bagaimana cara membuat konten yang menarik? Gampang caranya adalah sertakan gambar ataupun video pada setiap artikel yang kita tulis. Gambar terkadang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.
Semakin tinggi tingkat engagement user di website kita, semakin baik pula penilaian google terhadap website kita. Tingakt engagement ini bisa dilihat di google analytic bagian returning visitor, jika Anda belum mengetahui tentang google analytic Anda bisa baca di halaman resmi google ini.
Tetapi jumlah kata yang sangat banyak itu memiliki resiko tersendiri yaitu pembaca kemungkinan besar akan merasa bosan saat membaca artikel kita, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menambahkan link artikel terkait di titik jenuh konten kita, atau kita bisa menambahkan infografis ataupun video di dalam artikel kita agar pembaca tidak merasa bosan.
Tetapi jumlah kata yang sangat banyak itu memiliki resiko tersendiri yaitu pembaca kemungkinan besar akan merasa bosan saat membaca artikel kita, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menambahkan link artikel terkait di titik jenuh konten kita, atau kita bisa menambahkan infografis ataupun video di dalam artikel kita agar pembaca tidak merasa bosan.
Share di Socia Media
Faktor external yang satu ini tidak kalah penting, apa gunanya kita menulis artikel yang sangat bagus tapi tidak ada orang yang mengetahui tentang artikel kita, nah untuk menghindari hal tersebut coba share link menuju artikel kita di social media seperti facebook, twitter, instagram, google plus, dan social media popular lainnya.
Tidak dapat dipungkiri kegiatan social sharing seperti ini sangat mempengaruhi ranking factor di google, semakin banyak kita share artikel kita semakin banyak pula orang yang akan mengunjungi halaman website kita, dan semakin banyak pengunjung semakin tinggi juga authority dari website kita. Maka dari itu social sharing ini sangat penting untuk kita lakukan.
Faktor Teknis SEO
Faktor internal lainnya adalah faktor teknis SEO, apa sih faktor teknis SEO? Faktor SEO adalah faktor yang menentukan apakah struktur website kita sudah sesuai dengan guideline google. Banyak faktor yang mempengaruhi Solusi Website Bandung akan menjelaskan beberapa factor yang dinilai sangat sangat penting.Baca Juga :SEO On Page
- Struktur Heading Tag Setiap halaman dalam satu website harus memiliki 1 buah heading tag yang diletakan di posisi paling atas sebelum konten halaman kita, setelah itu diikuti oleh heading tag dst untuk heading tag H2,H2 dst itu tidak harus ada tetapi lebih baik gunakan heading tag sampai tingkat H3
- Struktur URL Url menjadi elemen yang sangat penting dalam menentukan ranking di search engine, kenapa penting? Karena google menampilkan halaman dengan CTR (Click Through Rate) yang tinggi, salah satu cara untuk meningkatkan CTR adalah dengan membuat url yang user friendly, seperti apa sih url yang user friendly itu? url yang bisa dibaca oleh user, tanpa symbol ataupun kode yang tidak bisa dimengerti oleh user. Sebagai contoh Anda punya sebuah website yang bernama belajarabc.com, lalu Anda memiliki halaman yang membahas tentang cara merakit komputer, jika Anda menjadi user url mana yang Anda akan pilih untuk dikunjungi antara belajarabc.com/rakit100099-komputer119900 atau belajarabc.com/cara-merakit-komputer. Biar Anda yang menilai sendiri. Untuk mendukung pendapat ini coba perhatikan gambar berikut ini.